Cara Meningkatkan Kualitas Kesuburan Pria Agar Cepat Hamil

Setelah beberapa lama menikah pasti ada rasa penasaran mengapa kehamilan tidak kunjung tiba. Mengecek kondisi kesuburan sang istri dan kondisi rahim merupakan hal yang pasti dilakukan. Tapi jika kondisi sang istri baik-baik saja dan kesuburanya pun tidak mengalami masalah, maka tidak ada salahnya jika sang suami mengecek kualitas kesuburan yang dia miliki.


Kesuburan pria sangat bergantung pada kualitas dan kuantitas spermatozoid. Pria yang dikatakan subur jika memiliki jumlah spermatozoid nyalebih dari 20 juta per milliliter semen. Namun meskipun jumlah yang dikeluarkan hingga puluhan juta setiap kali ejakulasi, tapi hanya 200 saja yang mampu berenang hingga tuba falopi. Dan hanya satu sel sperma saja saja yang akan membuahi sel telur.

Bentuk sperma juga sama pentingnya dengan jumlah sperma. Spermatozoid yang memiliki kualitas yang baik kepalanya oval dengan ekor yang panjang dan bergerak lurus. Pria bisa dikatakan subur apabila sepertiga spermanya memiliki bentuk yang normal. Sperma dengan bentuk kepala besar, kecil dan tidak simetris dengan ekor yang bengkok ataupun bercabang sudah dipastikan tidak akan mampu membuahi sel telur.

Lalu bagai mana cara meningkatkan kualitas sperma agar lebih baik? Tentu saja pola hidup sehat harus diterapkan jika anda ingin memiliki sperma yang sehat. Tapi masih ada hal-hal lain yang harus anda perhatikan jika ingin memiliki sperma yang berkualitas.

Pola makan
Makan makanan yang banyak mengandung selenium, zinc, dan asam folat mampu meningkatkan produktifitas dan kualitas sperma. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan juga bisa menambah kesehatan sperma.

Olahraga teratur
Olahraga yang cukup akan mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas sperma. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai olahraga yang berlebihan karena akan mengubah hormon dan menurunkan kualitas sperma. Jagalah berat badan anda, karena tubuh yang terlalu gemuk ataupun kurus bisa berpengaruh pada hormon reproduksi.

Gaya Hidup
Merokok, mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan bukan hanya membuat kesehatan anda terganggu, tapi juga menurunkan jumlah dan kualitas sperma anda. Sperma pria perokok gerakannya kurang lincah, selain itu rokok juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan merusak DNA sperma sehingga berdampak pada tumbuh kembang janin.

Stress
Stress menghambat kerja hormon yang memproduksi sperma. Selain itu juga stress juga menurunkan fungsi alat reproduksi anda. Pria yang mampu mengatasi stress maka kualitas spermanya menjadi lebih baik.

Aktivitas hubungan intim
Berhubungan intim secara berlebihan akan menurunkan kualitas sperma. Hubungan intim berlebihan akan membuat sperma yang dikeluarkan kurang “matang” sehingga memiliki kualitas yang tidak baik. Jadi jika pasangan suami istri mengira melakukan hubungan intim terlalu sering bisa meningkatkan kesempatan untuk hamil maka hal itu tidaklah benar.

Temperatur dan suhu

Hindarilah mandi dengan menggunakan air hangat karena hal ini bisa meurunkan kualitas sperma. Berendam ataupun sauna memang bisa membuat tubuh menjadi rileks tapi memberikan dampak buruk bagi sperma. Berada di ruang kerja yang bersuhu tinggipun juga bisa mempengaruhi kualitas sperma. Pria juga disarankan untuk tidak memakai celana dalam yang terlalu ketat karena hal ini bisa membuat suhu di daerah skrotum menjadi lebih hangat sehingga berdampak pada produksi sperma.

Dengan menjalankan pola hidup sehat dan memperhatikan hal-hal yang telah dibahas diatas, maka kesuburan anda bisa tetap terjaga. Selain itu tetap mesralah kepada isti agar kehidupan anda selalu harmonis dan jauh dari stress.

0 komentar:

Posting Komentar